Pasca Lebaran, 68 K/L Bakal Buka Lowongan CPNS

Jakarta – Sebanyak 295 instansi pemerintah bakal menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur pelamar umum. Hal ini merupakan kabar gembira bagi para masyarakat yang bercita-cita jadi PNS.

Pengumuman lowongan dijadwalkan akan dilakukan sehabis lebaran, atau sekitar minggu ketiga-keempat bulan Agustus 2013, yang dilanjutkan dengan pendaftaran.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar mengatakan, untuk seleksi CPNS pelamar umum ini direncanakan menggunakan sistemcomputer assisted computer (CAT), yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November,” ujar Azwar seperti dikutip detikFinance, Kamis (18/7/2013).

Azwar menambahkan, dari 295 instansi yang akan menggelar seleksi CPNS dimaksud, terdiri dari 68 kementerian/lembaga, 30 pemerintah provinsi, serta 197 kabupaten/kota.

Kepala BKN Eko Soetrisno ikut mengungkapkan, saat ini di kantor pusat BKN tersedia 2 CAT station dengnan kapasitas 140 komputer. Sedangkan di daerah tersedia 600 komputer yang tersebar di 12 kantor regional (kanreg), masing-masing 50 komputer.

Keduabelas Kanreg dimaksud adalah Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses).

“CAT memang tidak didesain untuk pelaksanaan tes secara massal dan masif,” ujar Eko menambahkan.

Sebagai contoh, instansi yang memiliki 100 unit personal computer (PC), dapat melaksanakan tes dengan sistem CAT bagi 500 orang setiap hari (5 sesi) atau 3.000 peserta dalam seminggu (6 hari kerja).

Source : detikFinance – Herdaru Purnomo

—————————–

IHRP HR Management Training Seminars

Bookmark the permalink.

Comments are closed