Inspirasi 6 Cerita Pengusaha Sukses yang Telat Memulai Karirnya

Jika Anda pernah menyaksikan atau bahkan pernah mengikuti serial Diplomat Success Challenge di level nasional atau pernah menyaksikan ajang kontes para pengusaha muda Shark Tank Reality Show, Anda akan menyadari bahwa kebanyakan mereka adalah kaum muda yang sedang meraih mimpi dengan ide-ide cemerlangnya.

Berbicara soal kesuksesan memang sangat erat dengan generasi muda, dan bahkan sejarah mencatat bahwa kebanyakan pengusaha sukses tidak pernah lepas dari masa remajanya. Yang paling kita kenal adalah Bill Gates dan Steve Jobs yang telah memulai bisnis mereka sejak usia muda dan menjadi orang kaya raya di masa tuanya.

Namun demikian, ibarat pepatah yang mengatakan bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk sukses. Dalam dunia usaha ternyata sejarah juga mencatat bahwa ada hal-hal yang sulit dipahami oleh akal sehat namun bisa terjadi. Para pengusaha sukses yang akan kita bahas di sini adalah mereka yang telat memulai karirnya namun sukses besar di penghujung usia senjanya.

Mereka bahkan baru saja memulai usahanya ketika mereka sudah memasuki umur pensiun. Berikut ini adalah 7 orang yang telah membuktikan bahwa untuk berhasil memang tidak ada kata terlambat tersebut.
Baca Juga : Ini Dia 10 Ritual Pengusaha Sukses Dunia

1. Harlan Sanders (1890-1980) “The Colonel”, Penemu Kentucky Fried Chicken (KFC).

Harlan Sanders adalah dalang dibalik kesuksesan perusahaan franchise Kentucky Fried Chicken (KFC). Beliau membawa kesuksesan perusahaan tersebut ketika beliau berumur 62 tahun. Hingga saat ini beliau memiliki kekayaan bersih USD 3,5 juta (sekitar Rp46 Miliar). Sanders adalah orang yang paling berperan dalam memperkenalkan produk KFC serta dia pula yang menciptakan resep ayam goreng KFC yang sekarang sudah terkenal di seantero dunia.

Pengalaman Sanders ketika masa muda juga sangat unik dan sama sekali tidak berhubungan dengan profesinya sebagai orang pembawa nama KFC. Dia pernah menjadi petani, bahkan pernah juga menjadi kondektur kereta.

Kesuksesan berawal pada saat beliau masuk umur 40-an ketika beliau membuka sebuah pom bensin sembari jualan ayam goreng dengan resep Andalannya. Saking banyaknya yang minat dengan resep buatannya, bahkan seorang gubernur era itu menjulukinya sebagai Kolonel Kentucky. Oleh karena itu sampai sekarang Harlan dikenal juga sebagai Harlan the Colonel Sanders.

Ketika ia sudah merasa sukses di bisnis restorannya, dia menutup restoran tersebut dan lebih fokus terhadap pengembangan franchise yang ia miliki. Hingga saat ini, resep Harlan masih bisa dinikmati oleh orang di seluruh dunia.

2. Ray Kroc (1902-1984), Tokoh Kunci di Balik Sukses McDonald

Sebagai orang yang pernah memiliki kekayaan hingga USD 500 juta (sekitar Rp6 Triliun), Kroc ternyata baru mencapai kesuksesannya setelah ia berumur 52 tahun. Kroc adalah salah satu orang yang mendapatkan hak kepemilikan McDonald selama 6 tahun penuh pada tahun 1955-an.

Karir Kroc dimulai saat ia mulai dipercaya oleh pemilik McDonald bersaudara sebagai agent franchise dengan imbalan yang cukup besar. Hingga di usianya yang sudah senja barulah dia dipercaya sebagai presiden McDonald’s Corporation di tahun yang sama.

Di usia muda Kroc juga dikenal sebagai orang yang multi talenta. Buktinya dia pernah menjadi sales paper cup, DJ, pianis hingga sales mesin pembuat milkshake. Profesinya yang terakhir itulah yang membawa beliau bertemu dengan McDonald bersaudara yang akhirnya menjadi client Kroc. Waktu terus berjalan sampai akhirnya dai berhasil menawarkan dirinya sebagai agen penjual McDonald.

3. Chaleo Yoovidhya (1923-2012) Founder dari Minuman Energi Terkenal

Tidak seperti pengusaha sukses yang sudah memiliki mimpi dan ide-ide cemerlang sejak usia muda, Chaleo merintis karirnya sendiri saat dia sudah berusia 37 tahun. Pria yang pernah memiliki kekayaan bersih USD 5 Miliar (Rp.66 Triliun) tersebut baru merasakan kesuksesannya di usia yang sudah cukup tua yaitu umur 61 tahun ketika produk Andalannya yang bernama RedBul Energy Drink tersebut sudah menjamah di pasaran dunia.

Sejarah mengatakan bahwa Chaleo lahir di sebuah kota kecil di Thailand. Dia adalah anak dari seorang keluarga peternak bebek yang sekaligus menjadi pedagang di pasar tradisional. Setelah beranjak dewasa keluarga pindah ke Bangkok dan Chaleo memutuskan untuk bekerja sebagai sales obat antibiotik di Bangkok.

Setelah dia berumur 37 tahun dia memutuskan untuk membangun perusahannya sendiri yang bernama TC Pharmaceutical, sebuah perusahaan farmasi yang kemudian dikenal dengan produk Andalannya yaitu minuman berenergi dengan logo sapi spesies Thailand yang disebut sebagai ‘Krathing’.

Perusahaan Chaleo berkembang setelah kedatangan seorang sales dari Jerman yang bernama Dietrich Mateschitz. Berkat kerjasama dengan Dietrich itulah kemudian Chaleo meluncurkan produk minuman perdananya yang kita kenal sampai saat ini dengan label Red Bull Energy Drink.

Beliau terus menjalankan usahanya di bidang farmasi tersebut hingga wafat pada tahun 2012. Chaleo juga banyak membantu masyarakat Thailand dengan rumah sakit Piyavate yang ia bantu dirikan.

4. Stan Lee (1922-) Penulis Komik Terkenal

“With great power comes great responsibility”, itulah kata-kata bijak yang pernah diucapkan oleh seorang yang terkenal sebagai creator dibalik serial film yang sangat terkenal seperti Spider-Man, Daredevil, X-Men, Hulk dan lain sebagainya. Seseorang yang sekarang ini masih aktif di dunia perfilman di Marvel Comics sebagai chairman kehormatan itu, baru mencapai kesuksesannya di usia 39 tahun.

Hingga saat ini kekayaan Stan Lee tercatat sebanyak USD 50 juta (sekitar Rp667 Miliar). Berawal dari sebuah karir sebagai seorang asisten di Timely Comics pada usianya yang ke 17, ia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi editor sementara di perusahaan tersebut.

Selang 38 tahun kemudian baru di ditugaskan untuk menciptakan sebuah serial baru sebagai bahan tandingan terhadap serial yang dikeluarkan oleh DC Comics. Karyanya pertama kali yang membuat Stan Lee sukses adalah serial The Fantastic Four (1961) yang menghantarkan kesuksesannya hingga sekarang.

5. Donald dan Doris Fisher (1928-2009 dan 1932-) Pemilik Merek Baju Terkenal di Dunia

Pernahkah Anda mendengar nama GAP, sebuah gerai pakaian yang sangat mendunia itu? Donald dan Doris Fisher adalah creator dari bisnis pakaian GAP yang sekarang sudah memiliki 3.000 lebih gerai di seluruh dunia dengan 6 divisi primer yang diantaranya adalah Old Navy, Banana Republic, Intermix dan Athleta.

Saat ini perusahaan tersebut telah memiliki kurang lebih 135.000 karyawan. Sejarah mencatat, Donald dan Doris Fisher memiliki kekayaan bersih hingga USD 3,1 Miliar (Rp42 Triliun). Mereka meraih semua itu di usia yang sudah cukup tua, yaitu Donald 40 tahun dan Doris 37 tahun.

Awal cerita dari berdirinya GAP tersebut terbilang cukup sederhana. Saat itu Donald Fisher dan istrinya Doris memiliki ide untuk membantu orang-orang mencari ukuran celana jeans yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

Setelah beberapa kali melakukan penelitian ternyata mereka gagal menemukan produk tersebut hingga akhirnya mereka berinisiatif untuk membuat produk sendiri. GAP adalah produk ritel pertama yang mereka dirikan dengan barang dagangan kebanyakan dari Levi’s dan LP records. Dengan antusias konsumen yang membludak, dan keuntungan yang melimpah di tahun 1973 mereka sudah berekspansi dan membuat 25 cabang baru dan sudah menjual barang dengan label sendiri.

6. Henry Ford (1863-1947), Maestro Inovator Otomotif Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan nama Henry Ford. Seorang inovator di bidang otomotif tersebut ternyata tidak seperti yang kita bayangkan sebagai youth entrepreneur di masa mudanya.

Beliau sukses sudah di umur 40-an dan sejarah mencatat ia memiliki kekayaan hingga USD 199 Miliar (sekitar Rp2600 Triliun). Baru di usianya yang ke-45, Henry Ford terkenal seantero jagad sebagai pengembang berbagai perakitan mobil yang banyak mempengaruhi dunia otomotif. Ciptaan pertama kalinya adalah mobil Ford Model T pada tahun 1908.

Sesuai dengan kata-kata bijak yang ia ungkapkan, bahwa kualitas memang memiliki peran besar dalam menguasai sebuah bisnis. Terbukti, Ford mampu menjual jutaan mobil ke seluruh dunia.
Kesuksesan Akan Datang Diiringi oleh Kerja Keras

Mempelajari sejarah sukses mereka akan membuat kita sadar bahwa keberhasilan bisa dimulai dari manapun dan kapanpun. Tidak ada kata terlambat untuk memulai asalkan dibarengi dengan usaha yang maksimal dan komitmen yang tinggi. Hal yang terpenting adalah terus berbenah mengikuti perkembangan jaman dan menciptakan inovasi baru bagi kemajuan bisnis kita.

By Siti Hadijah

———————————————————–

IHRP HR Management Training Seminars

Bookmark the permalink.

Comments are closed