81 Juta Tenaga Kerja Tak Kompeten

Sebagian besar tenaga kerja Indonesia masih kurang kompeten. Catatan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menunjukkan, saat ini terdapat 81,1 juta orang tenaga kerja kurang kompeten dan hanya terdapat 20,4 juta tenaga kerja kompeten. Melihat kondisi tersebut, Kadin akan membentuk Kadin Training Center yang bertujuan meningkatkan kompetensi pekerja industri di Indonesia.

Untuk itu, Ketua Bidang Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Kadin Sumarna Abdurahman mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan 28 asosiasi industri guna menginventarisasi kebutuhan tenaga kerja. “Dari 8 asosiasi industri saja ada kebutuhan untuk sertifikasi 150 ribu tenaga kerja sampai 2014,” kata dia di Jakarta, Selasa, 24 April 2012.

Kadin training center ini rencananya akan mulai berjalan pada Januari 2013. Untuk tahap awal kegiatan ini akan didanai oleh dana pemerintah. Selanjutnya, Kadin akan bekerja sama dengan Bank Dunia untuk mengembangkan dana bergulir untuk pelatihan. “Kami juga mengupayakan agar uang 100 dollar AS yang dibayarkan setiap tenaga kerja asing setiap bulan bisa dimanfaatkan untuk ini,” kata Sumarna.

Tahun ini, Kadin dan asosiasi-asosiasi industri akan mempersiapkan standar kompetensi masing-masing industri serta lembaga sertifikasinya. Sumarna mengatakan selain meningkatkan kompetensi, KTC juga membantu menjamin penyediaan lapangan kerja. “Asosiasi industri memastikan setelah dilatih dan disertifikasi bisa dapat penempatan kerja,” dia menjamin.

(Sumber: Tempo)

About admin

IHRP website Administrator
Bookmark the permalink.

Comments are closed