4 Strategi Bagi Anda yang Baru Bekerja

Awal bulan tentunya menjadi awal yang baik, terutama dalam mengawali karier. Bagi Anda yang baru saja bekerja di bulan Agustus ini, tentunya perasaan Anda saat ini campur aduk.

Ada rasa bahagia tersendiri, terlebih saat Anda bekerja di perusahaan yang Anda impikan. Tetapi, ada pula perasaan gugup, cemas dan takut yang menyelimuti diri Anda.

Mengutip dari Mind Tools, perasaan gugup ini wajar terjadi. Anda akan merasa gugup dengan berbagai hal, seperti tanggung jawab baru, lingkungan kerja baru, dan orang-orang baru yang akan bekerja dengan Anda. Untuk mengatasi hal ini, tentunya Anda perlu merancang berbagai strategi.

Berikut 4 strategi bagi Anda yang baru bekerja:

1. Beri waktu

Jangan berharap diri Anda akan bisa langsung beradaptasi dan bekerja dengan maksimal pada hari pertama. Anda dan sebagian besar lainnya terlalu memikirkan pekerjaan baru Anda sehingga menimbulkan Anda tertekan pada hari pertama bekerja.

BACA JUGA
7 Tanda Atasan Anda Menyukai Kinerja Anda
7 Pekerjaan Bergaji Tinggi dengan Stres Rendah
Kerja Freelance Lebih Nyaman, Ini 7 Alasannya
Anda harus mengingat bahwa atasan Anda tidak pernah memaksa Anda untuk langsung bekerja dengan baik dan maksimal. Mereka paham Anda butuh waktu untuk beradaptasi. Umumnya, orang-orang butuh waktu 90 hari untuk bisa beradaptasi dan dapat bekerja dengan efektif di pekerjaan baru mereka.

2. Jangan ragu untuk belajar kembali

Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda tidak bisa melakukan hal hebat di hari pertama bekerja. Anda membutuhkan waktu untuk kembali belajar. Atasan yang mempekerjakan Anda tentunya meyakini orang yang diperkerjakannya adalah orang yang tepat untuk bekerja dan berkembang.

Mereka tidak mengharapkan Anda langsung bisa mengerjakan semuanya, mereka berharap Anda berkembang seiring dengan pengalaman Anda bekerja di perusahaan tersebut.
3. Beradaptasi

Setiap tim atau tempat bisnis tentunya memiliki budaya yang berbeda. Bahkan ketika Anda berada di suatu perusahaan, Anda tidak perlu heran jika setiap divisi atau tim memiliki budayanya tersendiri. Agar dapat bekerja dengan baik di perusahaan, Anda perlu mempelajari budaya tersebut, dan mengambil nilai-nilai positifnya.

Selain itu, Anda perlu tahu hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perusahaan tersebut. Jangan menyombongkan diri dan berusaha terlihat pintar di tempat kerja , karena Anda tidak pernah tahu bagaimana rekan-rekan kerja akan memandang diri Anda.

4. Rekan kerja

Pada hari pertama bekerja, tentunya penting bagi diri Anda mengenal dan mengetahui jabatan, tugas, serta tanggung jawab masing-masing individu. Jika Anda diletakkan di pekerjaan di mana Anda bertanggung jawab mengorganisir sebuah tim, pelajari tim tersebut.

Buat analisa tentang kelebihan serta kelemahan individu-individu tersebut. Anda mungkin kesulitan mempelajari karakter setiap rekan kerja, tetapi Anda bisa mengelompokkan mereka dalam beberapa hal, seperti kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. (Aldo Lim/Ndw)

Bookmark the permalink.

Comments are closed